Rabu, 23 Januari 2013

Festival ketemu mantan di Vietnam

Kebanyakan orang tidak suka jika harus membicarakan mantan pacar atau bahkan menemuinya. Namun tidak dengan sebuah komunitas kecil di Vietnam ini.

Tepatnya di desa Khau Vai, sekitar 500 kilometer ke utara dari Hanoi, ada sebuah festival yang mempertemukan orang-orang dengan mantannya. Festival tersebut diadakan setiap tanggal 26 dan 27 bulan ketiga tahun bulan. Selama dua hari, ratusan mantan kekasih pun berkumpul dari berbagai distrik untuk menghabiskan waktu bersama.

Seperti yang dilansir dari OddityCentral (03/01), uniknya orang-orang yang sudah berkeluarga mendapat izin dari istri atau suaminya untuk menghadiri festival ini. Sebab terkadang dalam satu keluarga, suami dan istri sama-sama menemui mantan kekasihnya di festival Khau Vai.

Festival yang sudah diselenggarakan selama ratusan tahun ini merupakan tradisi yang berasal dari legenda lokal. Konon dulu ada seorang wanita yang jatuh hati pada pria dari suku yang berbeda. Karena wanita tersebut sangat cantik, ia tidak diperbolehkan menikah dengan pria di luar komunitasnya.

Akibatnya, peperangan pun terancam pecah. Untuk menghindari hal itu, wanita tersebut rela tidak menikah dengan kekasihnya. Namun mereka berdua membuat sumpah untuk bertemu setiap tahun pada tanggal 27 bulan ketiga di tahun bulan.

Festival ini sangat spesial, karena tidak ada para mantan kekasih yang bertengkar. Mereka bahkan dengan asyik bernostalgia mengingat kenangan lama.

Salah satu pria yang mengikuti festival ini adalah Minh Pao. Gara-gara pacaran jarak jauh, Minh Pao memutuskan untuk putus dengan pacarnya. Namun mereka tetap berhubungan melalui festival Khau Vai.
Kini, generasi muda tampaknya tidak perlu putus dengan kekasih jika jarak tempat tinggal sangat jauh. Sebab teknologi membantu mereka untuk tetap berhubungan, tidak seperti zaman dahulu.

"Kami dulu pacaran, tetapi jarak jauh, jadi gagal menikah," terang Minh Pao yang mengaku sudah dapat izin dari istri untuk menemui mantan kekasihnya.

'Pasar cinta' Khau Vai juga diminati turis lokal dan mancanegara. Sebab ada banyak ritual dan atraksi menarik di sana. Kuliner khas Vietnam pun sayang untuk dilewatkan. Selain itu, di mana lagi tempat bertemu mantan tanpa rasa canggung selain di sini?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar